TIM HIBAH MBKM KEBUMEN D-III AKUNTANSI SV UNS Pada hari Kamis, 23 November 2023, Tim Hibah (Merdeka Belajar Kampus Merdeka) sebagai perwakil...

TIM HIBAH MBKM PROGRAM STUDI D3 AKUNTANSI SEKOLAH VOKASI UNIVERSITAS SEBELAS MARET MENYELENGGARAKAN SOSIALISASI & WORKSHOP PENINGKATAN AKUNTABILITAS KINERJA INSPEKTORAT KABUPATEN KEBUMEN MELALUI PENERAPAN SOP ADVISORY DAN PENGENDALIAN AKUNTANSI PADA PELAPORAN KEUANGAN

TIM HIBAH MBKM KEBUMEN D-III AKUNTANSI SV UNS

Pada hari Kamis, 23 November 2023, Tim Hibah (Merdeka Belajar Kampus Merdeka) sebagai perwakilan dari Program Studi D3 Akuntansi Sekolah Vokasi, Universitas Sebelas Maret telah menggelar kegiatan Workshop dengan judul “Peningkatan Akuntabilitas Kinerja Inspektorat Kabupaten Kebumen Melalui Penerapan SOP Advisory dan Pengendalaian Akuntansi Pada Pelaporan Keuangan” yang diselenggarakan di Aula Integritas Inspektorat Daerah Kabupaten Kebumen.


“Penerapan, pemeriksaan, dan pengawasan dioptimalkan pada penetapan Standar Operasional Prosedur tentang Layanan Konsultasi yang didasarkan pada Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 35 Tahun 2012 tentang Pedoman Penyusunan Standar Operasional Prosedur Administrasi Pemerintahan” ujar Muhammad Alvaro Aria Zibrani selaku Ketua Tim Hibah MBKM Kebumen.

Tim Hibah MBKM Kebumen, terdiri dari 8 anggota yaitu Adam Malik, Akmal Wahyu Pratama, Herlinda Anggun Primadara, Nadhia Eka Safitri, Raditya Aryaguna, Rizky Zailani, Zellin Luthfiah Wardhani. Kegiatan magang Hibah Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) 2023 diselenggarakan dalam kurun waktu 5 bulan dengan periode bulan Agustus 2023 sampai dengan bulan Desember 2023 di Inspektorat Daerah Kabupaten Kebumen yang berfokus pada pembahasan Standar Operasional Prosedur bidang layanan konsultasi. 


Pemaparan materi disampaikan oleh Ibu Siti Ratna Wijayanti, S.STP., M.Si. selaku Sekretaris Kecamatan Kebumen yang pernah memiliki pengalaman kerja di Bagian Organisasi Setda Kabupaten Kebumen. Pada kesempatan tersebut, beliau memberikan materi mengenai Penyusunan Standar Operasional Prosedur Administrasi Pemerintahan. Materi tersebut menjelaskan tentang Dasar Hukum penyusunan SOP, Definisi SOP, Tujuan dan Manfaat SOP, Prinsip-Prinsip Penyusunan SOP, Tahapan Penyusunan SOP, Jenis SOP, Format SOP, dan yang terakhir yaitu penjelasan mengenai unsur prosedur dokumen SOP. Kemudian setelah pemaparan materi mengenai Dasar Penyusunan SOP selesai, dilanjutkan dengan pemaparan SOP yang telah dirancang oleh Tim Hibah MBKM kepada Bapak/Ibu Pegawai Inspektorat dan Narasumber. (23/11/23)

Kegiatan Workshop menitikberatkan Penguatan Akuntabilitas Keuangan Dan Aset Desa yang terdiri atas :

1.     Penguatan SDM Aparatur Desa

2.     Penetapan RKPDes Secara Partisipatif

3.     Penitipan RKPDes dan APBDes tepat waktu

4.     Penatausahaan Keuangan dan Aset Secara Tertib

5.     Fasilitasi Implementasi Siskeudes secara online oleh Pemda

6.     Pendampingan Pemda Kepada desa

Penetapan SOP Advisory diharapkan dapat meningkatkan kompetensi pegawai dalam melakukan pemeriksaan dan pengawasan laporan keuangan, terbantu dalam penyusunan Standar Operasional Prosedur pada Inspektorat Daerah Kabupaten Kebumen, dan terbantu dalam melakukan pelaksanaan konsultasi dan pengendalian internal di setiap pemerintahan desa.

 


0 comments: